Cartoons Myspace CommentsWELCOMEEEE!!!!
Lihat,, Baca,, n Komentarnya yah?? ^^v

Minggu, 27 Oktober 2013

RPP 2013 Protozoa


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA NEGERI 2 JEMBER 
Mata pelajaran             : Biologi
Kelas/ Program            : X/ MIA dan IIS
Materi Pokok             : Protozoa
Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.       Kompetensi Dasar
1.1     Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
3.5  Mengidentifikasi ciri-ciri umum filum dalam kingdom protista dan perannya bagi kehidupan berdasarkan pengamatan.

C.      Indikator
3.5  Mengidentifikasi ciri-ciri umum filum dalam kingdom protista dan perannya bagi kehidupan berdasarkan pengamatan.
       Indikator:
1.      Siswa membandingkan ciri-ciri protista mirip hewan
2.      Siswa mengklasifikasikan protista mirip hewan berdasarkan ciri-ciri
3.      Siswa menjelaskan reproduksi protista mirip hewan
4.      Siswa mendiskusikan secara berkelompok tentang peran protista dalam kehidupan

4.8  Membuat kultur paramaecium dan membuat gambar hasil pengamatannya dengan mikroskop.
Indikator:
1.      Siswa mengkomunikasikan secara efektif tentang kesimpulan dari hasil diskusi, dan tanya jawab tentang ciri-ciri, reproduksi, dan peranan protista mirip hewan.
2.      Siswa menunjukkan kemampuan keterampilan sosial termasuk berkomunikasi efektif, tim kerja, ide atau menyampaikan pendapat.

D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui tahapan inkuiri: menyajikan fenomena, observasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyusun kesimpulan peserta didik dapat:
1.      Siswa dapat membandingkan ciri-ciri protista mirip hewan
2.      Siswa dapat mengklasifikasikan protista berdasarkan ciri-ciri
3.      Siswa dapat menjelaskan reproduksi protista mirip hewan
4.      Siswa dapat mendiskusikan secara berkelompok tentang peran protista dalam kehidupan
5.      Siswa dapat mengkomunikasikan secara efektif tentang kesimpulan dari hasil diskusi, dan tanya jawab tentang ciri-ciri, reproduksi, dan peranan protista
6.      Siswa dapat menunjukkan kemampuan keterampilan sosial termasuk berkomunikasi efektif, tim kerja, ide atau menyampaikan pendapat.

E.       Materi Pembelajaran
1.      Materi Fakta
Protista mirip hewan terdapat dimana-mana dan memiliki keanekaragaman yang tinggi
2.      Materi konsep
o  Ciri-ciri protista mirip hewan yang membedakan dengan protista lain
o  Reproduksi protozoa ada 2 macam yaitu secara aseksual dan seksual
o  Protista mirip hewan terdiri dari 4 kelas yaitu:
1.      Rhizopoda
2.      Flagellata
3.      Ciliata
4.      Sporozoa
3.      Materi prinsip
Setiap kelompok protista mirip hewan memiliki struktur yang berbeda
4.      Prosedur
Mempresentasikan struktur yang berbeda
F.       Model dan Metode Pembelajaran
a.       Model Pembelajaran : Examples non Examples
b.      Metode Pembelajaran: study literatur, diskusi, tanya jawab, kerja kelompok.

G.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media:
a.       Power point tentang protozoa
b.      LDS
2.      Alat/Bahan:
a.       Laptop
b.      LCD
3.      Sumber Belajar:
Guru   : Campbel, dkk. 2002. Biologi Edisi Kelima-Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Aryulina, Diah., dkk. 2006. Biologi SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga
Siswa     : Istamar, Biology 1 for SMA, Erlangga-Jakarta
                           Bagod, Biology 1 for SMA, Yudhistira

H.    Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, menanyakan kabar siswa hari itu dengan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini?sudah belajar tadi malam?sudah siap untuk hari ini?, menanyakan siswa yang absen hari itu.
2.      Guru membahas permasalahan yang masih belum terselesaikan pada pertemuan sebelumnya.
3.      Guru memberikan gambar yang berhubungan dengan protozoa dalam lingkungan sekitar.
4.      Guru menanyakan maksud dari gambar yang ditampilkan.
5.      Siswa diberi kesempatan untuk memberikan opini tentang gambar yang sudah ditampilkan
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai.
7.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
15
2.
Inti
1.      Menyampaikan materi
·      Guru menyampaikan materi pembuka yang berisi tentang protozoa secara umum
·      Guru menayangkan slide tentang ciri-ciri protozoa dan cara reproduksinya
2.      Membagi kelompok
·      Siswa dibagi menjadi secara heterogen yang terdiri dari 4-5 orang anak.
·      Siswa duduk secara berkelompok
3.      Pembagian LDS dan diskusi
·      Guru membagi LDS pada masing-masing kelompok
·      Guru menayangkan gambar-gambar yang berhubungan dengan pengelompokan protozoa
·      Guru memberi waktu siswa untuk berdiskusi dengan kelompok
·      Guru menunjuk satu kelompok untuk memaparkan hasil diskusinya
·      Guru memberi kesempatan siswa mewakili kelompok yang ditunjuk untuk  menganalisa gambar
·      Guru memberi kesempatan siswa dari kelompok lain bertanya atau menyangga
·      Guru membantu siswa untuk menyamakan konsep saat diskusi
·      Guru memberi poin pada siswa yang aktif dan pada kelompok dengan jawaban yang benar
·      Guru menentukan siswa dan kelompok yang memperoleh poin terbanyak

110
3.
Penutup
1.      Guru bersama-sama siswa melakukan riview pembelajaran hari itu.
2.      Guru memberikan reward pada kelompok dengan poin terbanyak.
3.      Guru merencanakan kegiatan pada pertemuan selanjutnya dan memberikan tugas.
4.      Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
10

I.       Penilaian
1.        Bentuk Instrumen dan Jenis/Teknik Penilaian:
a.    Bentuk Instrumen berupa Tes:
1)             Tes tulis bentuk uraian beserta pedoman pensekoran (Penilaian kompetensi pengetahuan) (Lampiran 1).
b.    Bentuk Instrumen berupa Non Tes:
1.      Observasi untuk penilaian diskusi beserta pedoman pensekoran (Lampiran 2).
Mengetahui,                                                      Jember, 23 Oktober 2013



.....................................                                     ................................................


Lampiran 1
Kompetensi yang dinilai       : pengetahuan
Bentuk penilaian                     : Tes tulis

1.             Jelaskan 5 ciri-ciri protozoa                   (skor 30)
2.             Jelaskan cara reproduksi protozoa         (skor 30)
3.             Jelaskan pengelompokan protozoa        (skor 40)
Kunci jawaban:
1.      Ciri-ciri protozoa adalah :
a.       Semua anggotanya eukariotik
b.      Semua kegiatan dilakukan oleh sel dibantu organel-organelnya
c.       Umumnya tidak berdinding sel
d.      Soliter/berkoloni
e.       Membentuk kista pada kondisi tidak menguntungkan
2.      Reproduksi protozoa:
·           Aseksual dengan cara pembelahan biner
·           Seksual dengan singami dan konjugasi
3.      Pengelompokan protozoa ada 4 kelompok yaitu
o    Rhizopoda (penjelasan)
o    Ciliata (penjelasan)
o    Flagellata (penjelasan)
o    Sporozoa (penjelasan)









                                                                

Lampiran 2
Kompetensi yang dinilai       : ketrampilan
Bentuk penilaian                    :  presentasi dan tanya jawab
Pemberian gambar
1.      Amoeba                                                                                  4. Paramaecium


2.      Euglena viridis                                                                       4. Plasmodium

Skoring    :
Penjelasan lengkap beserta ciri-ciri dan contoh lain    (25)
Penjelasan lengkap beserta ciri-ciri                             (20)
Penjelasan lengkap tanpa ciri-ciri dan contoh lain      (15)




Lampiran 3
Kompetensi yang dinilai                          : Penilaian sikap (observasi)
Format Lembar Pengamatan
Nama Peserta Didik                            :
Nomor Absen                                      :
Materi saat diobservasi                       :
Tanggal Observasi                               :
No.
Sikap
Kriteria
Hasil Pengamatan
Ya
Tidak
1
Jujur
1.    Melaporkan data sesuai dengan kenyataan/sesuai dengan apa yang diamati dan dibaca
2.    Menyampaikan pendapat disertai data konkret/data yang diamati.


2
Disiplin
1.    Mengerjakan tugas sesuai waktu yang ditetapkan.
2.    Mengumpulkan hasil pekerjaan tepat waktu.


3
Tanggung jawab
1.    Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru.
2.    Menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas.


4
Peduli lingkungan
1.    Membersihkan meja dan kursi yang ditempatinya/meja dan kursi yang ditempati dalam keadaan bersih/ rapi.
2.    Menata/menempatkan kembali alat/bahan/buku/sumber belajar lainnya dengan rapi atau menempatkan kembali pada tempat semula.


5
Kerjasama
1.    Menghargai pendapat teman
2.    Mengambil bagian dalam kerja kelompok


Skor maksimum


Catatan:
Nilai = Skor  perolehan x 100%
                               10


Tidak ada komentar:

Posting Komentar